Kamis, 27 Januari 2011

Seribu makna kupu - kupu

Aku melihatnya, Indah, berbinar penuh warna
Senada dengan sayapnya Ia berharga
Punya sejuta makna
Dari masa yang tak terhitung lamanya
Ia menjelma bukan hanya jadi sempurna
Namun mencipta kekuatan

Saat aku mampu membuka mata, mengenali warna , memahami kosakata, mengerti keindahan, mulai mengagumi sesuatu, aku selalu terkagum dengan kupu -kupu, aku tak pernah memandangnya sebagai suatu penjelmaan dari sebuah proses yang sekian lamanya.Terkekang, terkurung,terdiam, dan bergantung untuk sebuah kesempurnaan, untuk sebuah keindahan.Aku hanya mampu memandangnya sebagai kumpulan warna indah yang di berikan Tuhan, dengan sejuta binarnya ia beterbangan di antara bunga - bunga secantik dirinya dan aku tak pernah mengira jika dulunya ia adalah makhluk tanpa sayap.




Aku ingin menyentuhnya
Ada rasa ingin menggenggamnya
Untuk menjaganya,merasakan lembut sayapnya
Menyentuh Indahnya


Ia tek pernah diam,mengepakkan sayapnya selalu, terbang dan terbang ada saat berhenti namun tak juga diam.begitu kuatkah sayap indahnya, jika boleh aku ingin menggenggamnya, mencoba menangkapnya, memandangnya dalam genggaman.Aku mencoba mendekatinya , Ia terbang lagi, aku mengikuti arahnya, saat aku mencoba meraih yang kudapati hanya sayapnya patah di genggamanku.Tidakkah saat itu aku tahu jika ia begitu rapuh.






Aku tak pernah mengerti
Bagaimana kerapuhan dan kekuatan menyatu
Melebur dan mencipta menjadi satu


Sayap patah itu tak lagi indah, terasa melebur di hadapanku,terasa lemah tanpa jiwa, terlepas dari raga dan hanya menjadi sebuah serpihan.Andaikan bisa aku mengulang, aku takkan menyentuhnya jika akan menghancurkannya.Ada kekuatan yang tak pernah sempurna,ada kerapuhan yang harus terjaga dan ada hidup yang harus tetap ada.

1 komentar:

  1. izin posting ini ke blog saya yaa.. sedang cari puisi kupu-kupu...
    visit me on kupu-kupumutiara.blogspot.com

    BalasHapus